Pengertian Server dan Workstation dalam Jaringan

Pengertian Server Dalam Jaringan

Server adalah komputer yang bisasanya dikhususkan untuk penyimpanan data atau sistem operasi berbasis network (Network Operating System), berisikan daftar user yang di perbolehkan masuk ke server tersebut.


Jadi apabila komputer server mengalami ganguanmengalami kerusakan secara otomatis seluruh jaringan tidak berfungsi karena server merupakan pintu masuk dan sebagai pusat jaringan tersebut. Jadi, apabila seluruh jaringan tidak dapat berfungsi berarti telah terjadi ganguan atau kerusakan pada server.

Server Terdiri dari 2 Jenis Antara Lain :
  • Server Dedicaded, Server yang tidak memiliki fungsi lain. Ia tidak bisa di gunakan sebagai Workstation. Untuk melihat jenis dari server tersebut dapat di ketahui melalui sistem operasi jaringannya, Misal Novell Netware.
  • Server Non-dedicaded, Server yang juga bisa befungsi sebagai Workstation. Contohnya adalah Microsoft Windows NT Server, Microsoft NT Workstation, Microsoft Windows 95/98, Unix, Linux, Mac OS/2.
 Di Lihat dari Fungsinya, Server dapat di gunakan sebagai berikut :
  • Menyimpan File-File yang di gunakan bersama-sama pada hardisknya.
  • Mengatur komunikasi (Seperti pesan email)  antar- Workstation.
  • Mengkoordinasikan percetakan kepada printer yang di pakai bersama- sama.
  • Server juga dapat menyimpan CD ROM yang dapat di pakai oleh para pemakai network.
  • Bisa menyimpan tape drive atau drive lain yang di gunakan untuk mem-backup hardisk server atau hardisk pada Workstation.
  • Dengan perangkat lunak dan keras tambahan, server bisa mengarahkan e-mail dari dan ke internet. kenyataanya server hampir dapat melakukan semua pekerjaan yang mencakup pengiriman data.
Pengertian Workstation/Client Dalam Jaringan
 
Workstation adalah komputer yang memanfaatkan jaringan untuk menghubungkan komputer tersebut dengan komputer lain atau komputer tersebut dengan server.
Sebuah Workstation minimal mempunyai kartu jaringan, aplikasi jaringan (Software jaringan), kabel untuk mrnghubungkan ke jaringan, biasannya sebuah Workstation tidak begitu membutuhkan Floppy karena data yang ingin di simpan dan dapat di letakan di server. Hampir semua jenis komputer dapat digunakan sebagai komputer Workstation.


Pemanfaatan jaringan tersebut dapat berupa sharing data, sharing printer, dan sebagainya. Apabila terjadi kerusakan pada kompuer workstation berarti komputer yang digunakan tidak dapat masuk ke dalam jaringan sehingga tidak dapat berkomunikasi dengan komputer server maupun komputer lain dalam jaringan tersebut.

1 komentar:

Mimi Hamada mengatakan...

jadi makin pinter nih hehehhe..... makasih infonya

Klaim Bonus anda sekarang

Posting Komentar